Viral, Seorang Pria Rusak Baliho Caleg Gunakan Golok

KIBAR.NEWS, HUKRIM Sebuah video amatir warga yang diunggah di akun media sosial aplikasi Instagram bernama @tanyoe.aceh, tengah viral.

Pasalnya, vidio yang diunggah Selasa (23/1/2024) lalu, menarasikan pria asal Aceh diduga merusak Alat Peraga Kampanye (APK) beberapa Calon Legislatif (Caleg) menggunakan Senjata Tajam (Sajam) jenis golok.

Tak sedikit, APK baliho yang terpasang di pinggiran jalan tersebut terkoyak akibat sabetan golok. Bahkan ada beberapa yang terpasang di tiang kayu harus tumbang ditangan pria tersebut

Usai melakukan aksinya, Pria yang menggunakan baju lengan panjang berwarna oranye serta celana pendek itu, terengah-engah. Tampaknya Ia kelelahan.

Pria itu juga sempat terekam mondar-mandir di sebuah jalan sambil menenteng goloknya.

Vidio Viral
Baliho salahsatu kandidat caleg DPRD terkoyak akibat dirusak pelaku yang diduga adalah seorang ODGJ.

Pria tersebut terdengar mengomel dan teriak kepada seorang pria lainya yang tengah mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan kamera. Tidak jelas kalimat apa yang diucapkan pria tersebut.

“Nih pelakunya nih,” ujar perekam video tersebut.

Rupanya, peristiwa dalam video yang beredar terjadi di Aceh Timur pada Selasa (23/1/2024) lalu.

Melansir dari laman Serambinews.com, pria yang ada dalam video itu merusak sejumlah APK milik Iskandar Usman Al-Farlaky, kandidat legislatif dari Partai Aceh (PA). Dikatakan Iskandar, pria itu rupanya juga merusak baliho caleg lainnya.

“Iya, kejadian ini benar terjadi di salah satu desa di Kecamatan Ranto Peureulak. Bukan hanya baliho milik saya, tapi juga sejumlah APK caleg lain,” ungkapnya saat diwawancara, Kamis (25/1/2024).

Usai kejadian tersebut, ia pun mengerahkan tim untuk turun ke lapangan. Setelah diselidiki oleh timnya, rupanya pria yang merusak balihonya itu merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Tim kami telah turun ke lapangan dan memastikan bahwa pelaku memang benar ODGJ,” tambahnya.

Ia pun berharap pihak keluarga pria itu mengawasi lebih ketat. Sebab, pria tersebut berpotensi membahayakan orang lain karena membawa sajam.

Di sisi lain, Ihsan, seorang anggota Partai Aceh kejadian serupa juga kerap terjadi. Bahkan belum lama ini, perusakan ODGJ yang sama juga terjadi di Kecamatan Peureulak dan Peureulak Timur.

“Di Desa Leubok Pempeng, perusaknya diduga orang dalam gangguan jiwa alias orang gila,” ujarnya.

“APK caleg dari Partai Aceh sering kali menjadi target perusakan, seperti yang terjadi di Kecamatan Peureulak dan Peureulak Timur beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Vidio yang berdurasi 30 detik tersebut telah ditonton sebanyak 70 ribu kali. Netizen ramain menanggapi vidio tersebut.”ODGJ paling waras di dunia,”tulis akun @arul.lona.

Bahkan beberapa komentar lainnya, ada yang mempertanyakan apakah pelaku perusakan berasal dari bangsa Rohingya,”kalau betul ini Rohingya tolong di konfirmasi ya..!,”tulis akun lainnya @rayannamika

Komentar