Membanggakan, SLBN 1 Bombana Kirim Perwakilan di Ajang Olimpiade Nasional

KIBAR.NEWS, Bombana Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) berkebutuhan khusus tingkat Sekolah Dasar (SD) tengah berlangsung. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri 1 Kabupaten Bombana berangkatkan satu perwakilan siswanya pada jenjang Sekolah Dasar atas nama Dian Irdiani.

“Kini Dian Irdiani berada di Bandung, dan akan mulai bertanding besok Rencananya perlombaan ini dimulai tanggal 20 hingga 25 Agustus,”ungkap Andi Ramlah Kepala Sekolah SLBN 1 Bombana saat di konfirmasi via aplikasi hijau WhatsApp, Rabu (21/8/2024).

Andi Ramlah mengatakan, Dian Irdiani salahsatu siswa yang berkebutuhan khusus (Down Sydrome) yang lolos dalam tahap seleksi di ajang tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu. Dirinya kini mewakili Provinsi dalam ajang lomba Bola Bocce.

Menukil dari media online, Bola Bocce adalah permainan asal negara Italia. Prinsip dasar olahraga ini adalah melempar bola Bocce paling dekat dengan bola target, yang disebut palina. Bocce sebagai olahraga Olimpiade Khusus memberi orang-orang dengan kebutuhan khusus kesempatan untuk bersosialisasi, berkembang secara fisik, dan memperoleh kepercayaan diri.

Sebelumnya, Ajang perlombaan Tingkat Provinsi, SLBN 1 Bombana menorehkan beberapa juara dalam berbagai ajang perlombaan diantaranya juara 1 dari ajang lomba Bocce down Syndrome atas nama Dian Irdiani, Lari 109 meter tunagrahita juara 3 Arun Saputra, Lompat jauh Putri Tunarungu juara 2 Risda, menyanyi solo tunanetra juara 3, atas nama Juan dan menjahit tunarungu juara 3 bernama Nadila.

“Kalau tingkat Nasional cuma 1 perwakilan SLBN 1 Bombana yaitu BOCCE untuk siswa Down syndrome,”ujarnya

Diketahui pula, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Bombana sebelumnya menggelar acara pelepasan siswa-siswi yang akan mewakili daerah dalam perlombaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kategori Down Syndrom tingkat nasional.

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Utama Sekolah, dihadiri oleh Camat Rumbia tengah, para guru, serta orang tua siswa.

Kepala SLBN Kabupaten Bombana, Andi Ramlah, S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas pencapaian siswanya yang berhasil lolos ke tingkat nasional.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak-anak kami. Ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi mereka serta dukungan dari semua pihak,”pungkasnya.

Dengan semangat dan dukungan yang tinggi dari pemerintah daerah, diharapkan para siswa SLBN Kabupaten Bombana dapat tampil maksimal dan meraih hasil yang membanggakan di ajang O2SN tingkat Nasional.

Komentar