Pj. Bupati Bombana Tekankan Tiga Poin Penting pada Penyusunan RPJMD 2024-2029

Daerah, News142 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto menekankan tiga aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD untuk periode 5 tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan dalam kegiatan Kick Off dan orientasi penyusunan RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2025-2029, di aula Kantor Bappeda setempat, Rabu (26/6/2024).

Pj. Bupati Edy yang diwakili Sekretaris daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Teknokratik RPJMD yaitu, pertama keterpaduan dan keselarasan dengan rancangan akhir RPJPD Kabupaten Bombana tahun 2025-2045, serta memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Dokumen KLHS tahun 2025-2029.

banner 970x250

Keedua, peran aktif perangkat daerah sangat diperlukan dalam merumuskan masalah, isu strategis dan arah kebijakan sebagai rekomendasi bagi calon kepala daerah dalam perumusan visi dan misi. Ketiga penyusunan teknokratik RPJMD harus didasarkan pada data dan fakta yang akurat.

“Data yang valid akan menjadi dasar yang kuat dalam perumusan program pembangunan, ” ujar Man Arfa.

Sekda Man Arfa pula menyampaikan bahwa RPJMD merupakan momentum yang strategis, sebagai penanda dimulainya seluruh tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bombana periode 5 (lima) tahun mendatang. Sehingga kegiatan ini cukup penting untuk mendukung dan memberikan kontribusi positif demi mewujudkan pembangunan yang terarah sesuai dengan target pembangunan nasional.

“Kami berharap RPJMD ini dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas dan dapat mewujudkan pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Bombana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bombana, Husrifnah Rahim menyampaikan kegiatan orientasi penyusunan RPJMD tetsebut bertujuan untuk mempersiapkan seluruh stakeholder dalam menjalankan proses penyusunan RPJMD dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran saran atau masukan, agar terwujud kesamaan persepsi, pemahaman, arah dan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Bombana dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.

Hustifnah pula menjelaskan, sebelum kegiatan kick off dan orientasi ini dilaksanakan, telah dilakukan tahapan penyusunan RPJMD yaitu evaluasi capaian RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2017-2021 serta persiapan penyusunan RPJMD tahun 2025-2029.

Ia pula menambahkan kegiatan ini diikuti sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari, para Kepala OPD, Pejabat Perencana Kabupaten Bombana dan Tim Penyusun RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2025-2029.

“Dengan dibukanya kegiatan kick off ini, diharapkan partisipasi aktif dari semua pihak terkait guna menciptakan RPJMD Kabupaten Bombana yang responsif, inklusif, dan mengakomodasi berbagai aspirasi masyarakat,” pungkasnya.

banner 336x280

Komentar