Diskominfo Bombana Gandeng Lintas Sektor Tingkatkan Kualitas Informasi dan Data Statistik Daerah

Daerah1516 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Kabupaten Bombana kini benar-benar gencar dalam meningkatkan akurasi data dan informasi daerah. Instansi pengelola informasi ini menggandeng lintas sektor sebagai langkah sinkronisasi data statistik sektoral di Kabupaten Bombana.

Diskominfo bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pusat Statistik ((BPS) serta pihak produsen data lainnya bergabung dalam kegiatan forum satu data yang digelar di aula kantor Diskominfo Bombana, Kamis (18/4/2024).

banner 970x250

Urgensi pertemuan tersebut tak lain ialah membahas tentang sinkronisasi Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) yang bertujuan mendukung sepenuhnya perencanaan pembangunan daerah yang lebih efektif dan akurat. Disamping itu, forum ini menjadi ajang sosialisasi rencana penginputan DSSD pada aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPD) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Kepala Bidang Statistik Kominfos Bombana, Nasriadi mengatakan, kegiatan itu merupakan langkah penting dalam memperkuat sistem informasi di tingkat kabupaten. Melalui sinkronisasi tersebut diharapkan dapat memudahkan proses pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam pembangunan daerah.

“Melalui forum ini, kita dapat bersama-sama memastikan bahwa data yang dihasilkan dapat menjadi panduan yang tepat bagi pembangunan di Kabupaten Bombana,” ujar Nasriadi saat membuka secara resmi forum tersebut.

Selain itu lanjut Nasriadi, penggunaan aplikasi SIPD RI dengan penginputan DSSD diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Forum ini juga menjadi momentum bagi para produsen data, baik dari instansi pemerintah maupun swasta, untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan. Dengan kerjasama yang baik antara berbagai pihak, diharapkan Kabupaten Bombana dapat memiliki data statistik sektoral yang lebih komprehensif dan dapat diandalkan untuk mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan,” kata pria yang kerap disapa Bang Adi ini.

Sementara itu, perwakilan dari Bappeda, BPS, dan Produsen Data juga nampak cukup antusias mengikuti musyawarah dalam fotum tetsebut. Mereka memberikan masukan dan komitmen untuk bekerja sama dalam menyediakan data yang berkualitas dan terkini guna mendukung pembangunan di Kabupaten Bombana.

banner 336x280

Komentar