Kantor Pertanahan Bombana Ikut Kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional Secara Virtual

News2099 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH Kantor Pertanahan Kabupaten Bombana telah bergabung dalam Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional secara virtual, yang diadakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bombana pada hari Senin (22/4/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, bertujuan untuk mendukung percepatan pelaksanaan Reforma Agraria guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peserta zoom meeting membacakan komitmen bersama yang melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Bombana, Bank Sultra, dan Dinas Pertanian.

banner 970x250
Pembacaan komitmen bersama antar stakeholder Untuk Bersinergi Mewujudkan cita-cita Reforma Agraria.

“Kami Berkomitmen Untuk Bersinergi Mewujudkan cita-cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi ketimpangan Pemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” ucap serentak seluruh stakeholder yang hadir.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan juga pemasangan puzzle sinergi Reforma Agraria oleh Pj Bupati Bombana yang diwakili oleh Asisten I Rahman, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bombana Tageli Lase, S.SiT, Kepala Kantor Cabang Bank Sultra Bombana, dan Kadis Pertanian Bombana.

Kepala Kantor BPN Bombana Tageli Lase, S.SiT dalam sambutanya mengatakan pelaksanaan reforma agraria terdapat dua agenda penting dalam pelaksanaannya. Diantaranya Penataan Aset dan Penataan Akses

“Untuk penataan aset atau bahasa sederhananya legalisasi tanah atau sertifikasi tanah, sedangkan penataan akses atau pemberdayaan dimana dimana untuk mensukseskan pemberdayaan masyarakat ini juga akan melibatkan beberapa stakeholder terkait,” ungkap Tageli Lase, Kepala Kantor BPN Bombana.

Sementara itu, Penjabat (PJ) Bupati Bombana, melalui Asisten I Rahman, menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan mengikuti kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional se Indonesia, pemerintah Kabupaten Bombana siap mendukung sepenuhnya program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya kepada kibar.news

Rahman berharap agar seluruh persoalan terkait sertifikasi kepemilikan lahan oleh warga dapat terselesaikan dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga itu sendiri. Dia menekankan pentingnya penyelesaian masalah tanah di wilayah Kabupaten Bombana.

banner 336x280

Komentar