Jelang Pilkada 2024, Diskominfo Bombana Imbau Masyarakat Waspada Berita Hoax

News, Daerah588 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bombana mengimbau seluruh masyarakat agar mewaspadai penyebaran berita hoaks. Himbauan dikeluarkan sebagai bentuk upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan ketentraman dan ketertiban menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati yang akan dihelat 27 November mendatang.

Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofian Baco menegaskan bahwa himbauan tersebut dikeluarkan sebagai langkah proaktif Pemkab Bombana dalam mengantisipasi potensi perpecahan. Menurutnya, masyarakat Bombana tentunya harus meningkatkan kehati-hatian dalam menyikapi ragam informasi yang beredar di media sosial atau platform daring lainnya.

banner 970x250

“Dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2024, kita harus lebih bijak dalam menilai kebenaran sebuah berita. Berita palsu atau hoax dapat memicu ketegangan di masyarakat dan mengganggu proses demokrasi yang sedang berlangsung,” ujarnya Sofian Baco di ruang kerjanya, Senin (3/6/2024)

Disamping itu Kadis Kominfo juga mengimbau agar masyarakat lebih jeli dalam menanggapi sebuah informasi yang beredar. Dikatakan, jika sebuah berita yang telah dibaca masih meragukan, maka terlebih dahulu diperiksa keabsahan berita tersebut sebelum disebarkan lebih meluas.

“Kita harus selalu mengutamakan kebenaran dan keadilan sebelum mempercayai dan menyebarkan sebuah berita, pastikan terlebih dahulu kebenarannya dengan melakukan pengecekan ke sumber yang terpercaya,” kata Sofian.

Lanjut Sofian, Pemkab Bombana juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai cara-cara untuk mengidentifikasi suatu berita. Terutama soal berita hoax serta pentingnya peran aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemilihan.

Selain itu, Pusat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Utama Kabupaten Bombana menerima aduan apabila masyrakat mendapatkan informasi yang meragukan atau diindetifikasi adalah informasi hoax pada kanal www.ppid.bombanakab.go.id atau CP. 0852-9860-111.

Sofian Baco menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Bombana untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan demokratis dalam pelaksanaan Pemilu. “Kami akan terus berupaya untuk menjaga situasi yang kondusif dan menggalang kerjasama dari seluruh masyarakat Kabupaten Bombana demi tercapainya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas,” tandasnya.

banner 336x280

Komentar