Usaha Rumahan Gula Merah Di Kolaka Utara Butuh Bantuan Pemerintah

Ekonomi, Daerah, News112 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, EKOBIS- Perjalanan Bang Jay kali ini sudah berada di Desa Parulampe Kecamatan Batu putih Kabupaten Kolaka Utara tepatnya di rumah produksi gula aren/ gula merah, Bang Jay akan berbincang mengenai proses produksi soal gula merah.

“Pak Abbas awal mulanya ini memproduksi gula merah ini sejak kapan, bisa dijelaskan ke kita juga bagaimana proses awal dari pohon enau sampai menjadi gula merah dengan kualitas alami yang siap untuk di penjual belikan, ” tanya bang jay.

banner 970x250

Abbas salah seorang pemilik usaha rumahan gula merah di desa Parulampe ini mejelaskan proses pembuatan gula merah yang membutuhkan waktu hingga sehari penuh untuk menghasilkan gula merah yang berkualitas.

“Mulai dari pohonnya itu setiap pagi dan sore kami mengambil airnya, kemudian dibersihkan dahulu hingga di pukul-pukul, kemudian seminggu berikutnya di bawah ke rumah lalu di masak seperti air biasa, cuman kayunya itu memang harus banyak, ” ujarnya.

Abbas menambahkan setelah semua proses telah di lakukan hasil dari proses tersebut, dalam 30 liter akan menghasilkan 20 hingga 30 gula merah.

“Setelah seharian penuh air gula aren di masak kemudian di cetak dan cetakan gula merahnya itu menggunakan tempurung kelapa kemudian di bungkus pakai daun pisang, dan siap untuk di pasarkan, ” ujarnya.

Kualitas gula merah sebagaimana dikatakan oleh Abbas di tentukan oleh air pohon aren yang sudah tua, semakin tua airnya semakin berkualitas gula merah yang di hasilkan.

“Setelah jadi gula merahnya, biasanya di bawa di pasar, tetapi ada juga yang datang kesini mengambil atau membeli langsung, alhamdulilah kami produksi gula merahnya itu setiap hari dan telah menjadi usaha keseharian yang dapat menopang ekonomi keluarga, ” ujarnya.

Akhirnya Abbas mengharapkan bantuan dari pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten untuk terus melihat pelaku usaha khususnya produksi gula merah yang ada di kabupaten kolaka utara.

“Kami sangat berharap bantuan dari pemerintah, karena sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah, kalau usaha kami di bantu untuk berkembang kami sangat bahagia khususnya tambahan modal usaha bagi sumua pelaku usaha rumahan produksi gula merah ini, ” tutupnya

banner 336x280

Komentar