Pantai Lawekara Destinasi Wisata yang Dibuka Secara Gotong Royong

Wisata, News28 Dilihat
banner 468x60

 

KIBAR.NEWS, WISATA- Perjalanan Bang Jay sudah berada di Desa Lawekara Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara, tepatnya berada di Kawasan Destinasi Wisata Pantai Lawekara, Bang Jay akan mengeksplore potensi Desa Bidang pariwisata.

banner 970x250

 

“Kebetulan saya sudah bersama dengan pak Sekdes, kita akan bercerita banyak mengenai seluruh potensi Desa Lawekara Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara, bisa di gambarkan ke kita potensi yang ada di Desa Lawekara khusunya di kawasan pantai ini, “ Tanya bang jay.

 

Yusuf selaku sekretaris Desa Lawekara menjelaskan kepada Bang Jay bahwa ketika ia melihat potensi Pantai Lawekara dirinya bersama masyarakat Desa Lawekara secara bergotong-royong berinisiatif membangun destinasi wisata pantai ini sampai sekarang masih tetap di kunjungi;

 

“Saya melihat potensi pantai ini, yang tidak terkolela dengan baik jadi kemarin langsung kita membuat rumah rumah kecil untuk bersantai sambil minum saraba, alhamdulilah sejak awal di buka antusias masyarakat luar biasa, kita juga buka live music sebagai daya Tarik pengunjung dan kami membangunnya dengan cara bergotong-royong“ ujarnya.

 

Di Pantai Lawekara juga sejak dibukanya, mulai diperhatikan seperti halnya membuka lahan baru, sejak dua tahun lalu pantai ini masih ramai di kunjungi. Dengan panjang pesisir pantai 1 kilo meter, berada di poros jalan Kendari – Palopo, Sekretaris Desa Lawekara optimis kedepan pantai ini akan semakin berkembang.

 

“Sebenarnya disini kita butuh beberapa fasilitas karena yang ada ini belum memadai dan masih sederhana, pengelola juga masih kekurangan biaya untuk pengembangan pantai ini kedepannya karena memang potensi pantai ini sangat menjanjikan dan akan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat desa khususnya Desa Lawekara, “ ujarnya.

 

Pantai Lawekara memiliki kondisi pasir yang baik, karena tidak berlumpur sehingga jikalau ada pengembangan kedepan masih menurut Yusuf, Pantai Lawekara ini akan menjadi pusat rekreasi di Kecamatan Ranteangin karena mengingat dalam wilayah tersebut hanya Pantai Lawekera yang menjadi destinasi wisata.

 

“Kami memang masih kendala ketika rapat RKPdes, masyarkat 70 persen semua menginginkan pembangunan infrastruktur, sementara kondisi anggaran masih sangat minim, tentunya kita masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah agar kiranya proses pengembangan pantai ini kedepan menjadi lebih baik lagi, “ ujarnya.

 

Mengakhiri wawancara bersama Bang Jay, Yusuf mengharapkan destinasi wisata Pantai Lawekara ini tetap menjadi destinasi wisata, disamping itu juga melihat kondisi abrasi yang semakin meluas perlu adanya bantuan untuk mengatasi abrasi pantai ini, karena menjadi ancaman bagi destinasi wisata Pantai Lawekera.

 

“Harapan kami dari pengelola destinasi wisata yaitu abrasi pantai yang sangat mengancam karena pasti akan bergesaer contohnya 2 tahun lalu ini sudah bergeser 10 km akibat abrasi, jadi selalu meminta pencegahan abrasi pantai ini tetap kita terus mengusulkan penanganan abrasi pantai ini ke pemerintah pusat, semoga kedepan dapat menjadi perhatian kita semua khususnya bagi pemerintah Kabupaten, Pemerintah Propinsi terlebih lagi pemerintah pusat, “ tutupnya.

banner 336x280

Komentar