Dishub Bombana Bekali Pelajar Tentang Keselamatan Jalan

News, Daerah, Edukasi1186 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Dinas Perhububgan (Dishub) Kabupaten Bombana memberikan edukasi terhadap para perwakilan pelajar daerah itu tentang keselamatan dalam berkendara. Para siswa dibimbing dalam suatu pertemuan yang digelar di aula Measa Laro Kantor Bupati setempat, Senin (20/5/2024)

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa. Turut hadir dalam kegiatan ini, pihak Jasa Raharja, Satlantas, pihak Satlantas Polres Bombana, Guru pendamping dan para siswa perwakilan dari SMA dan SMK.

banner 970x250

Dalam pertemuan tersebut para siswa dibekali tentang tata cara menjaga ksselamatan jalan dan selalu bedhati-hati dalam menggunakan kendaraan.

Sekda Bombana, Man Arfa menyampaikan bahwa Kabupaten Bombana saat ini berada di posisi kedua tingkat kecelakaan yang didominasi oleh para pelajar. Termasuk banyaknya kasus yang terjadi di kalangan pelajar, maka Penas Perhubungan sebagai pelaksana menyelenggarakan kegiatan sosialisasi keselamatan jalan yang diharapkan dapat mengimplementasikan dan menjadikan pedoman untuk selalu menaati aturan yang berlaku sebagai pengguna jalan.

“Daerah kita ini telah dicatat sebagai Kabupaten kedua di Sultra dengan tingkat kecelakaan tertinggi. melihat kondisi saat inj banyak pelajar yang sudah mwnggunakan kendaraan bermotor dan setelah ditelusuri ternyata pelajar lah yang mendominasi tingkat kecelakaan itu, ” ujar Man Arfa.

Olehnya itu, Sekda Bombana berharap agar semua siswa yang telah memiliki izin berkendara agar menggunakan kendaraannya sesuai dengan aturan dan bisa lebih serius mengikuti proses edukasi tersebut serta menyimak dengan baik materi yang diberikan.

Secara teknis, Kepala Bidang Perhubungan Transportasi Darat, Dishub Bombana, Andi Firman mengatakan bahwa Bombana merupakan daerah tertinggi tingkat kecelakaan. Olehnya itu Pemda melalui Dinas Perhubungan mengajak dan membimbing para siswa untuk mengetahui tata cara menjaga keselematan berlalu lintas.

“Guna memaksimalkan pembekalan terhadap anak-anak kita, maka kami mengajak para stakeholder yang lain seperti pihak Satlantas, Jasa Raharja serta guru untuk bersama-sama memberikan kesadaran bagi kalangan pelajar, ” kata Andi Firman.

Kegiatan itu lanjut Andi Firman, akan dilanjutkan hingga tiga zona yakni zona Rumbia, Poleang dan Kabaena. kata dia, begitu pentingnya keselamatan jalan bagi para pelajar nentinya akan membentuk karakter dan pola keselamatan berkendaraberkendara yang tentunya akan meminimalisir angka kecelakaan.

“Insya Allah dengan adanya sosialisasi ini, nantinya akan menjadi cikal bakal berikutnya nanti Dinas Perhubungan akan melaksanakan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan untuk se-Kabupaten Bombana, dan akan dilakukan secara selektif. Nantinya akan terpilih duta pelajar pelopor keselamatan,” pungkasnya.

banner 336x280

Komentar