Jaga Keamanan TPS Pemilu 2024, Ribuan Satlinmas Konsel Dikukuhkan

Daerah, News, Politik162 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH– Tak cukup dua pekan lagi, Pemilu 2024 akan segera digelar. Untuk kelancaran Pesta Demokrasi 5 tahunan yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin kukuhkan 1685 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Ribuan hansip yang telah dikukuhkan ini bakal turut menjaga keamanan di ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di semua wilayah Kabupaten Konsel. Tentu tak hanya sendiri, namun bakal berkolaborasi bersama pihak Kepolisian – TNI, Penyelenggara Pemilu.

banner 970x250

Namun sebelum melaksanakan tugasnya, Pengukuhan Satlinmas atau Hansip oleh Bupati Surunuddin, ditandai dengan pemasangan topi serta penyerahan tongkat kepada dua perwakilan Satlinmas di Auditorium Pemda Konsel, Kamis, (01/02/2024).

“Saya berharap Satlinmas yang dikukuhkan pada hari ini dapat membantu penyelenggara untuk mensukseskan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024. Satlinmas adalah Ujung Tombak Keamanan pada Pemilu bulan ini, dengan menempatkan diri dengan baik dan berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri serta penyelenggara Pemilu di TPS,”pesan Bupati Konsel H Surunuddin Dangga.

Surunuddin mengaku, keberadaan Satlinmas yang akan ditugaskan di masing masing TPS di Konsel telah melalui perekrutan yang baik dengan adanya pembatasan usia, karena itu diharapkan kehadiran Satlinmas di TPS mampu membantu memberikan keamanan, kenyamanan damai dan riang gembira.

“Jadi Satlinmas hadir di TPS diharapkan mampu bertugas bersama dengan aparat TNI – Polri dan penyelenggara setempat. Jangan Satlinmas yang menjadi biang masalah,”katanya.

Suami Hj Nurlin itu menambahkan, bagi Satlinmas yang telah dikukuhkan itu bakal diberikan jaminan kesehatan melalui BPJS. Hal itu merupakan tugas pemerintah untuk membekali setiap individu Satlinmas yang mengabdi untuk daerah.

“Bukan karena penyelenggara di TPS mendapat jaminan kesehatan melalui BPJS, lalu Satlinmas ikutan. Tetapi itu juga bagian dari tugas dan kewajiban Pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh Satlinmas,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Konsel, Ivan Ardiansyah menambahkan, Satlinmas yang dikukuhkan guna menyukseskan pemilu 2024, menitik berat kesiap siagaan Kamtibmas dan kewaspadaan ketertiban masyarakat jelang Pemilu tahun ini.

Ia mengatakan pengukuhan ini guna menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi. Meski masih kekurangan personil sebanyak 315 orang dari 2000 Satlinmas yang akan ditugaskan sesuai dengan jumlah TPS untuk masing masing 2 petugas. Dirinya akan menurunkan personilnya di unit Satpol yang nantinya akan disebar di 25 Kecamatan.

“Ada kekurangan 315 personil. Untuk kekurangan tersebut sebanyak 133 Satpol untuk disebar di 25 Kecamatan,”ujarnya melaporkan.

Sumber: Kominfo Konawe Selatan.

banner 336x280

Komentar