Pimpin Apel Siaga, Edy Suharmanto Tekankan Integritas di Pemilu 2024

News, Daerah259 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto memimpin apel siaga pasukan menjelang masa pencoblosan di ajang Pemilu 2024, bertempat di pelataran eks MTQ Rumbia, Sabtu (10/2/24).

Pada kesempatan ini, ratusan anggota Polri/TNI, Penyelenggara dan Pengawas, termasuk kalangan ASN hadir bersama dengan menyatukan komitmen yang tak lain hanyalah demi menyukseskan seluruh tahapan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bombana.

banner 970x250

Momentum ini benar-benar dimanfaatkan baik oleh Pj. Bupati Edy untuk menyampaikan uneg-unegnya kepada seluruh stakeholder yang terkait dengan penyelenggaran Pemilu. Jika ASN, TNI/ Polri dan penyelenggara diajak untuk netral dan menjaga integritas, masyarakat umum juga dimintanya untuk lebih jujur dan memikirkan secara jenih siapa saja yang akan diberi mandat untuk membangun Negara dan memajukan wonua Bombana.

“Hari ini merupakan hari terakhir masa kampanye dan memasuki masa tenang, dan 4 hari kedepan kita akan memasuki puncak pesta demokrasi yakni hari pencoblosan tanggal 14 Februari 2024, kata Edy Suharmanto saat mengawali sambutannya.

Menurutnya, masa tenang dalam pemilu hanya sebuah kata, tapi sebenarnya masa tenang ini yang kerap dihiasi ragam gejolak. Masa tenang menjadi titik kritis dan tak sedikit pihak yang memilih manuver demi memastikan dukungan, baik melalui cara yang benar maupun yang bertentangan dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kehadiran pengawas atau Bawaslu menjadi sangat penting untuk memantau segala aktivitas para kontestan pemilu agar masa tenang ini menjadi waktu bagi masyarakat untuk merenungi dan memikirkan lagi tanpa terpengaruh dengan godaan politik praktis,” terang Edy.

ASN Kemendagri ini menitipkan harapannya kepada semua pihak agar Pemilu 2024 dipenuhi suasana damai dan berintegritas. Hajatan demokrasi kali ini diharapkan benar-benar mampu menjadi sarana integrasi bangsa, sehingga menjadi ajang titik balik lahirnya sebuah pemimpin Nasional dan pemimpin daerah yang diimpikan.

Untuk bisa meraih itu sambung Edy, maka dibutuhkan kolaborasi seluruh elemen yang menjadi kunci utama lahirnya Pemilu damai dan berintegtitas, mulai dari kerjasama yang baik pihak penyelenggara, TNI/Polri yang mampu menjaga netralitas dan integritas.

“Kami titipkan harapan besar terwujudnya Pemilu berintegritas ke pundak saudara-saudara, bertugaslah dengan penuh integritas, bersama rakyat awasi Pemilu dan bersama bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” ungkap Edy dengan nada tancap gas.

Pada kesempatan itu juga, Edy Suharmanto mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya di TPS  pada hari H pencoblosa. Sebab, Pemilu bebas, jujur, adil dan rahasia bukan hanya slogan belaka, tapi perlu diimplementasikan langsung di bilik suara dengan tetap memperhatikan tata cara dalam melakukan pencoblosan.

“Mari kita salurkan hak pilih kita ke TPS, jangan sia-siakan kesempatan itu, ikuti tata cara dalam menyalurkan hak pilih dan tentukan pilihanmu sesuai hati nuranimu, ” pungkas Edy.

banner 336x280

Komentar