BPBD Bombana Ingatkan Warga Tetap Waspada Cuaca Buruk

News, Daerah259 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana mengingatkan seluruh warga untuk selalu waspada teehadap cuaca yang tergolong cukup ekstrim di daerah itu. Pasalnya, bencana datang dengan tidak disangka-sangka, seperti angin puting beliung yang baru saja menerjang puluhan rumah di beberapa kecamatan.

Kepala BPBD Bombana, Hasdin Ratta mengatakan, masyarakat perlu lebih waspada lagi teehadap kemungkinan bencana, terutama warga yang tinggal di daerah pesisir dan pegunungan. Hasdin merasa khawatir adanya kejadian susulan setelah angin kencang menerjang puluhan rumah warga hingga mengalami kerusakan cukup parah.

banner 970x250

“Kami mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu siap siaga menghadapi bencana, intinya jangan panik ketika ada kejadian seperti longsor, banjir maupun angin kencang yang datang secara tiba-tiba, ” kata Hasdin dihububgi Via telepon, Jumat (9/2/24).

Lanjutnya, tindakan pertama yang dilakukan adalah dengan tetap merasa tenang dan mulai menyelamatkan barang-barang penting. Begitupula dengan rumah warga yang berada tepat dibawah pohon agar lebih awal memadamkan listrik karena dikhawatirkan terjadi korslet termasuk pohon tumbang.

” Ini penting diketahui bagi para warga, khususnya di daerah rawan longsor seperti di Desa Rahadopi, Kecamatan Kabaena. termasuk banjir di wilayah pesisir sangat dikhawatirkan saat musim penghujan, ” terangnya.

Hasdin Ratta kembali menjelaskan terkait peringatan siaga darurat bencana. Kata dia, jauh sebelum terjadi bencana, pihaknya telah menindaklanjuti keputusan bupati terkait dengan siaga darurat bencana hidromitrologi seperti banjir, longsor dan angin kencang puting beliung. Musim hujan juga di prediksi sampai di akhir bulan maret.

“Makanya kami meminta kepada kepala desa, lurah dan camat untuk bersiap dan lebih memperhatikan warganya. Jika ada bencana segera laporkan, jangan susah untuk dihubungi karena yang namanya bencana tidak pernah kita inginkan, namun merupakan tanggung jawab kita bersama, ” ujarnya.

banner 336x280

Komentar