MTQ ke-XVIII tahun 2024 Konsel Digelar Selama 4 Hari

Daerah, News197 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVIII tahun 2024. Perlombaan bertajuk Islamiah itu digelar di Kecamatan Konda, sejak Selasa kemarin (5/3/20124). Kegiatan itu rencananya akan berlangsung hingga 8 Maret 2024 atau berakhir pada hari ini.

Sebelumnya, Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga yang membuka langsung acara tersebut. Surunuddin melalui sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia tiap tahunnya.

Kegiatan itu pula guna menjaring para Qori dan Qoriah terbaik untuk mengikuti perhelatan MTQ pada tingkatan jenjang yang tinggi atau antar Provinsi.

“Kegiatan ini juga rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Konawe Selatan dalam rangka menjaring para qori dan qoriah yang akan mengikuti MTQ di tingkat provinsi,” kata Surunuddin Dangga.

Ia menjelaskan, tema MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konawe Selatan yakni meneguhkan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan Konawe Selatan yang sejahtera, unggul, amanah dan religius.

Bupati Konsel dua periode itu mengungkapkan, pelaksanaan MTQ kali ini adalah untuk membina ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Konawe Selatan.

“Momentum pelaksanaan MTQ tahun ini hendaknya kita jadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina qori dan qoriah untuk lebih menuju kemandirian,” ungkap Mantan Ketua DPRD Konsel itu.

Sementara itu, Kabag Kesra Konsel, Hamlin Ode Makkah menyebutkan, adapun lomba yang dipertandingkan di MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konawe Selatan diantaranya:

1. Cabang seni baca Al-qur’an gol tartil dan tilawah anak-anak, remaja, dewasa dan cacat netra putra-putri.
2. Cabang qiraat Al-qur’an gol qira’at wujawwad dewas, qira’at murottal dewasa dan remaja putra-putri.
3. Cabang hafalan Al-qur’an gol 1 juz dan 5 juz dan tilawah putra-putri, gol 10, 20 dan 30 juz putra-putri.
4. Cabang tafsir Al-qur’an gol bahasa arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris putra-putri.
5. Cabang fahmil Al-qur’an beregu putra-putri.
6. Cabang syarhil Al-qur’an beregu putra-putri.

Untuk diketahui sebelum upacara pembukaan MTQ, dilaksanakan Devile Kafilah Peserta se- Kabupaten Konsel yang ikuti Ribuan Peserta. Kemudian dilanjutkan pengukuhan Dewan Hakim, dan ditutup penampilan marching band serta Marawis As-Sufi.(rls)

banner 336x280

Komentar