Bombana Ikuti Fashion Week di Jakarta, Ini Produk yang Ditampilkan

Daerah, News2295 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Kabupaten Bombana kembali hadir dalam event pameran kreativitas daerah dan kearifan lokal pada ajang Indonesia Fashion Week (IFW) Tahun 2024 yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (30/3/2024).

Kegiatan ini dibuka pada hari Rabu, 27 Maret 2024.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun hadir menyaksikan meriahnya pameran tersebut.

banner 970x250

Bombana hadir pada ajang IFW bersama dengan rombongan Dekranasda  di sejumlah Kabupaten/Kota yang ada di  Sulawesi Tenggara (Sultra) .  Sementara Sultra sendiri berpartisipasi dalam dua event di ajang IFW, yakni pameran (27 – 31 Maret) dan fashion show (29 Maret). Penampilan Sultra dikoordinir langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Hadirnya Bombana dalam IFW tersebut merupakan kolaborasi dari Dekranasda Bombana bersama Dinas Pariwisata setempat. Keduanya bekerjasama dengan para desainer ternama, pebisnis fashion dan pencinta mode untuk kembali hadir meramaikan even tahunan itu.

Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Nyonya Aeni Mutmainnah menghadiri acara Indonesia fashion Week (IFW) di Jakarta Convention Center.

Tak kalah menariknya pada ajang Ini, Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Nyonya Aeni Mutmainnah benar-benar tidak bisa melewatkan momen indah tersebut. Meski keduanya bukan merupakan putera puteri daerah asal Bombana, namun amanah yang mengharuskan untuk peduli dan sayang serta rasa memiliki atas  apapun yang ada di bumi munajah.

Pj Bupati Bombana nampak begitu antusias dan sangat mendukung upaya Dekranasda dan Dinas Pariwisata yang telah bekerjasama mempromosikan kerajinan khas daerah Bombana, termasuk keindahan wisata yang dimilikinya.

Dalam acara tersebut pula Bombana berhasil menarik perhatian para pengunjung atas pameran busana tradisional yang ditampilkan dengan mengusung tema “Bombana Moico”

Adapun jenis produk yang selalu  ditampilkan Bombana dalam even seperti ini yakni kain batik tenunan khas Bombana yang diberi nama Batik Sosoronga, Burisininta (motif daun pakis), dan Bosu-bosu (renda-renda). Jenis tenunan ini pastinya ditampilkan karena merupakan produk unggulan, termasuk ragam  produk lain yang dihasilkan dari kreatifitas para penenun lokal juga ditampilkan.

Hadirnya  Dekranasda kabupaten Bombana bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana tidak sekedar memperkenalkan ragam kain dan motif tradisional, namun  juga sebagai upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata Bombana kepada para pengunjung acara. Dengan demikian,  diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang dimiliki Kabupaten Bombana.

Adapun lokasi wisata yang di promosikan yaitu wisata Laponu-ponu, Pulau kondo, Karang empat, dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) , termasuk wisata Tangkeno, dan wisata bahari lainnya yang ada di Kabupaten Bombana.

“Partisipasi kami dalam Indonesia Fashion Week 2024 merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata Kabupaten Bombana. Kami berharap melalui acara ini, masyarakat luas dapat lebih mengenal dan mencintai warisan budaya dan keindahan alam yang kami miliki.” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Ibu Anisa Sri Prihatin di JCC, Sabtu (30/3/2024).

Lanjut Anisa, acara ini juga menjadi platform penting bagi para pelaku industri fashion lokal untuk berkolaborasi dan bertukar pengalaman, serta membuka peluang kerjasama yang berpotensi untuk mengembangkan industri kreatif di Kabupaten Bombana.

“Dengan semangat yang membara, Dekranasda Kabupaten Bombana dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana siap terus berperan aktif dalam mengangkat nama daerah mereka melalui berbagai event bergengsi di tingkat nasional maupun internasional, ” ujarnya. (Adv)

banner 336x280

Komentar