Komitmen Terapkan SIPD dan IKK, Pemkab Bombana Belajar di Jakarta

Daerah726 Dilihat
banner 468x60

 

KIBAR.NEWS, DAERAH- Pemerintah Kabuoaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini berkomitmen serius menerapkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK). Salah satu bentuk keseriusan daerah ini yaitu seluruh pejabat PPK dan bendahara mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi di Hotel Jayakarta, DKI Jakarta, Rabu (29/5/2024).

banner 970x250

Sosialisai SIPD dan IKK tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto. Turut hadiri dalam kegiatan itu, Direktur Pelaksanaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Simon Saimima, Kepala Pusat Data Dan Sistem Informasi Kemendagri Erikson, P. Manihuruk, Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana beserta jajarannya, SIPD Lead Team Pusdatin Kemendagri, Drs. Gagat Sidi Wahong., Analis Keuangan Pusat Dan Daerah Ahli Muda Pada Subdit Wilayah III B Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Βoyke Μartz Siagian, Kepala LAN RI yang diwakili oleh ibu Rabiatul, serta peserta sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Bombana menekankan pentingnya penerapan SIPD dalam upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah. Menurutnya, pelaksanaan penataausahaan dan pengelolaan keuangan daerah yang masih manual akan jauh lebih efektif, efisien dan transparan jika dikelola menggunakan aplikasi SIPD.

“SIPD adalah sebuah langkah maju dalam sistem pengelolaan informasi yang akan membantu kita dalam melakukan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan yang lebih akurat dan terintegrasi,” ujarnya Bung Edy saat membawaksn sambutnya.

Edy Suharmanto menambahkan bahwa, selain sosialisasi SIPD, juga akan dilakukan pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK). Tujyannya ialah untuk mendorong penguatan partisipasi publik dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam proses pembuatan kebijakan publik khususnya dalam membangun kebijakan berbasis bukti atau evidence- based policy diseluruh instansi pemerintah.

“Dengan adanya IKK, kita dapat mengevaluasi sejauh mana kebijakan yang telah kita terapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Bombana,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai pentingnya SIPD dan IKK dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang baik. Para peserta akan mendapatkan materi tentang cara penggunaan aplikasi SIPD dan metode pengukuran IKK yang akan disampaikan oleh para narasumber yang kompeten dibidangnya.

Acara ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bombana dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, serta berorientasi pada hasil. Melalui penerapan SIPD dan evaluasi IKK, diharapkan Bombana dapat menjadi daerah yang lebih maju dan sejahtera.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan seluruh jajaran pemerintah daerah dapat mengimplementasikan SIPD dengan baik dan mampu melakukan pengukuran IKK secara berkala untuk memastikan kebijakan yang diambil selalu relevan dan efektif,” pungkas Edy Suharmato. (PPID/ Mil)

banner 336x280

Komentar