Edy Suharmanto Serahkan Bantuan Untuk 27 Kelompok Tanaka

Ekonomi98 Dilihat
banner 468x60

KIBARNEWS,DAERAH– Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) untuk kalangan petani, nelayan dan tukang (Tanaka), di halaman kantor Dinas Pertanian setempat, Jumat (29/12/23).

Bantuan tersebut merupakan sarana yang diperjuangkan melalui tiga instansi di lingkup Pemkab Bombana yakni Dinas Pertanian, Perikanan dan Dinas Perindakop. Tiga Dinas ini berkolaborasi demi peningkatan sektor ekonomi masyarakat di daerah itu.

banner 970x250

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto kepada para kelompok berupa Alsintan, Combine Harvester dan Cultivator yang diperuntukkan bagi 2 kelompok tani. Disamping itu bantuan alat tangkap dan Cool Box 100L kepada 23 kelompok nelayan serta bantuan alat lainnya untuk 2 kelompok pertukangan. Bantuan ini pula diharapkan mampu menggenjot sektor ekonomi masyarakat serta menekan laju inflasi yang kini menjadi isu global, utamanya bagi petani cabai.

Edy Suharmanto mengatakan, bantuan tersebut mesti dipergunakan sebaik mungkin demi meningkatkan produktivitas pertanian di daerah itu. Begitupula dengan para nelayan yang diharapkan mampu meningkatkan penghasilan melalui bantuan alat tangkap yang diberikan, termasuk bantuan pertukangan yang sejatinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para tukang untuk mendongkrak penghasilannya.

“Kami akan terus berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan masing-masing kelompok secara bertahap dan berkelanjutan. Jadi untuk kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan kami akan usahakan, dan untuk yang sudah menerima bantuan saya harap ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Edy Suharmanto dihadapan jajaran Forkopimda yang sempat hadir di acara tersebut.

Secara teknis, Kepala Dinas Pertanian Bombana, Drs. Muhammad Siarah menyampaikan penyaluran bantuan tersebut merupakan kolaborasi dari tiga dinas yaitu Dinas Pertanian, Perikanan dan Perindakop. Semua jenis bantuan yang disalurkan diakui sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan penghasilan. Kata dia, alat-alat pertanian nelayan dan pertukangan tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni sehingga mampu meringankan pekerjaan kelompok dalam mengelolanya.

Dijelaskan, khusus untuk Dinas Pertanian sendiri, bantuan yang disalurkan itu berupa alat yang digunakan saat pra panen dan pasca panen. Bantuan pasca panen meliputi Combine Harvaster yang dilengkapi Rotavator yang memudahkan petani untuk membajak tanah, menyehatkan kembali fungsi tanah pasca kemarau panjang atau dikenal dengan nama elnino.

Selanjutnya pada alat pra panen yaitu Cultivator. Alat ini pula mampu memudahkan petani dalam meningkatkan produksi tanaman cabai yang saat ini mengalami inflasi. “Tentu saja, alat-alat ini menjadi sarana yang mendukung upaya petani kita, khususnya bagi petani yang menanam cabai,” katanya sembari berharap agar seluruh bantuan yang diserahkan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok.

banner 336x280

Komentar