DDV Sultra Kawal Penyembelihan Sapi Kurban di Buteng

News, Daerah261 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH-Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses mengawal penyembelihan 25 ekor Sapi di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bersama Program Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik, Jumat (21/6/24)

Kegiatan DDV kali ini dilakukan guna membentang kebaikan kurban hingga ke pelosok. Agenda DDV ini juga dilakukan seluruh tim Dompet Dhuafa dari ibukota negara hingga pelosok Indonesia melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) yang sampai di daerah Buton Tengah.

banner 970x250

Koordinator DDV Sultra Hasfil Mengatakan, Dompet Dhuafa tidak hanya mendistribusikan hewan kurban di kota kendari dan sekitarnya, namun turut mendistribusikan di beberapa daerah di Sultra. Salah satunya ialah Kabupaten Buton Tengah dengan mendistribusikan sebanyak 25 ekor sapi untuk kurban.

“Iya, untuk Buton Tengah Dompet Dhuafa Sultra mendistribusikan 25 ekor sapi,” ujar Hasfil saat dihubungi via Whatsapp, Jumat (21/6/2024).

Hasfil menjelaskan, 25 ekor sapi tersebut diberikan kepada masyarakat di tujuh kelurahan dan desa yang ada di Buteng. Adapun perinciannya yakni empat ekor sapi di Kelurahan Watolo, satu ekor Desa Napa, tiga ekor Desa Lantongau, satu ekor Kelurahan Watulea, enam ekor Kelurahan Bombonawulu, enam ekor Kelurahan Mawasangka, empat ekor Desa Terapung.

“Kami berupaya menyentuh masyarakat yang berada di kepulauan salah satunya di Buton Tengah,” terang Hasfil.

Lebih lanjut, Hasfil menekankan bahwa DDV Sutra mengedepankan dan memberdayakan peternak sapi lokal, sehingga keberkahan Idul Adha tidak hanya dirasakan penerima manfaat daging kurban, namun dirasakan pula oleh pedagang sapi kurban.

“Hewan kurban yang diberikan telah dinyatakan sehat dan memiliki bobot hidup mencapai 250 kilogram,” ucap Hasfil.

Dikatakan, semua sapi telah didistribusikan dan telah dilakukan pemotongan di sejumlah lokasi yang ditentukan. Pemotongan dilakukan dengan syariat Islam dan turut mengedepankan ramah lingkungan.

“Hewan kurban yang telah di potong, di kemas menggunakan kemasan ramah lingkungan,” kata Hasfil.

Daging kurban yang didistribusikan diberikan kepada masyarakat yang dinilai layak untuk mendapatkan daging kurban. Satu kepala keluarga mendapatkan satu kilogram sapi ditambah tulang muda, sebelumnya telah disesuaikan panitia kurban.

“Total penerima manfaat dari program kurban Asik tanpa sampah plastik di Buton Tengah sebanyak 1.250 kepala keluarga dengan 7 Kolaborasi ,” jelasnya.

Hasil menambahkan bahwa DDV Sultra merupakan wadah bagi orang-orang yang tergerak dalam misi kemanusiaan dan membantu kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sukarela. DDV Sultra pula turut mengawal THK Dompet Dhuafa melalui program Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik dengan tujuan meminimalisir penggunaan kantong plastik saat momentum Hari Raya Kurban.

Upaya itu juga dilakukan untuk mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang kini gencar melakukan pengumpulan sampah plastik pada perayaan Idul Adha tahun ini. Dimana, hasil pengumpulan sampah telah  mencapai 608 ton, meningkat dari 357 ton pada tahun 2023.

banner 336x280

Komentar