Peduli UMKM, PT TIM Kabaena Beri Bantuan Usaha ke Pengusaha Lokal Desa Baliara

News1644 Dilihat
banner 468x60

KIBAR NEWS, BOMBANA – PT Timah Investasi Mineral (PT TIM) menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat dengan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana usaha kepada pengusaha lokal yang bergerak dibidang penyediaan pupuk kompos milik Laode Junaedi, khususnya di Desa Baliara, Kec. Kabaena Barat, Kab. Bombana, Jumat (17/05/2024).

Dalam sebuah wawancara eksklusif, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT TIM, Tatang Warsito menjelaskan motivasi perusahaan dalam memberikan bantuan tersebut.

banner 970x250
Baca Selengkapnya  Karamba Resto Lande Destinasi Wisata Terviral Se-Buton Selatan

Menurut Tatang Warsito, PT TIM memiliki fokus yang kuat pada pemberdayaan masyarakat disekitar wilayah produksinya. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah melalui pembinaan terhadap pengusaha lokal di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Saat ini, PT TIM telah gencar mendukung berbagai inisiatif pengusaha lokal, selain usaha pupuk kompos milik Laode Junaedi, PT TIM juga telah mendukung pendirian koperasi simpan pinjam yang sudah berdiri sejak tahun 2022 lalu di Kampung Bajau, Desa Baliara.

Dalam upaya meningkatkan dukungan terhadap UMKM lokal, PT TIM juga memiliki rencana untuk terus berinvestasi pada masyarakat. Selain itu perusahaan juga mengundang kelompok masyarakat yg memiliki potensi bisnis untuk menjadi mitra binaan.

Salah satu contoh sukses dari program ini adalah dukungan yang diberikan kepada Pak Edi, seorang pengusaha media tanam berupa pupuk kompos yang kemudian di branding dengan nama Pupuk Kompos Hektar Hijau di wilayah Desa Baliara.

Baca Selengkapnya  Inilah Deretan Potensi Desa Wasampela di Buton
Peduli UMKM, PT TIM Kabaena Beri Bantuan Usaha ke Pengusaha Lokal Desa Baliara
Laode Junaedi pengusaha pupuk kompos saat menjelaskan prosedur pembuatan pupuk pada KTT PT. TIM Tatang Warsito

Melalui bantuan PT TIM, produksi Pak Edi berhasil diperbesar dari satu ton menjadi empat ton per bulan. Langkah ini juga diiringi dengan upaya pemasaran yang lebih luas, termasuk branding produk dan pembuatan kemasan eceran.

Kepala Desa Baliara, Ancu bin Duka juga menyambut baik inisiatif PT TIM dalam memberikan bantuan kepada masyarakat lokal. Beliau menyatakan rasa terima kasihnya atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada masyarakat desa.

Lebih lanjut, beliau menegaskan komitmen desa dalam mendukung perkembangan UMKM, termasuk kerjasama antara pengusaha lokal dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk memastikan kelangsungan pasokan bahan baku usaha seperti milik Pak Edi.

Dengan berbagai inisiatif ini, PT. Timah Investasi Mineral terus membuktikan komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi lokal serta pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Baca Selengkapnya  Wolio Snack Kembangkan 10 Jenis Produk Unggulan di Kota Baubau
Peduli UMKM, PT TIM Kabaena Beri Bantuan Usaha ke Pengusaha Lokal Desa Baliara
Produk pupuk kompos kemasan 5 KG yang telah dikemas untuk dipasarkan pada market rumah tangga.

Laode Junaedi, yang merupakan lulusan SMK Negeri 4 Bombana jurusan peternakan sekaligus pemilik usaha pupuk kompos di Desa Baliara, turut berbagi pengalaman suksesnya setelah mendapatkan dukungan dari PT Timah Investasi Mineral (PT TIM).

Pak Edi dengan penuh rasa syukur menyampaikan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh PT TIM. Menurutnya, berkat bantuan sarana dan prasarana yang disediakan oleh perusahaan, termasuk bangunan gudang pengolahan pupuk, mesin pencacah, serta bantuan lainnya, usahanya yang semula hanya mampu memproduksi 1 ton per bulan kini berhasil meningkatkan kapasitas produksi hingga 4 ton per bulan.

Namun, kesuksesan Pak Edi tidak berhenti di situ. Beliau juga aktif merangkul pemuda-pemuda di beberapa wilayah dan desa sekitar, serta menggandeng beberapa pengusaha serupa untuk membantu dalam penyediaan bahan baku.

Baca Selengkapnya  Jelang Lebaran, Ini Himbauan Kapolres Bombana Untuk Para Pengendara Saat Mudik

Sebagai dampak positif dari perkembangan usahanya, Pak Edi telah mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi sejumlah anak muda di sekitar desa. Mereka yang sebelumnya menganggur kini telah mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan berkontribusi dalam usaha Pak Edi.

Dengan berbagai upaya ini, Pak Edi tidak hanya berhasil mengembangkan usahanya secara signifikan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Usaha pupuk komposnya menjadi contoh nyata bagaimana dukungan dari perusahaan seperti PT TIM dapat mengubah perjalanan ekonomi dan sosial masyarakat lokal.

Baca Selengkapnya  UMKM Kota Kendari Produksi Olahan Ikan Bandeng
banner 336x280

Komentar