Pemkab Bombana Gelar Upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia

News, Daerah98 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menggelar upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat ((Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto, bertempat di halaman Eks MTQ, Kelurahan Lauru, Bombana, (Rabu (5/6/2024). pacara tersebut pula diusung dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”

Pj. Bupati Edy mengatakan bahwa di tahun 2024 ini, kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, dengan tema “Land Restoration,

banner 970x250

Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan)” dengan slogan “Our Land, Restoration”.

“Sebagaimana tema dari UNEP, untuk Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem, ” ujar Pj Bupato saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup.

Lanjutnta, Indonesia melalui Enhanced Nationally Determined Contributions (ENDC) telah meningkatkan ambisinya dalam komitmen pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK). Semula, target penurunan emisi GRK Indonesia dengan kemampuan sendiri adalah 29%, menjadi 31,89% pada ENDC, sedangkan target dengan kerjasama Internasional sebesar 41% naik menjadi 43,20% pada ENDC.

Selanjutnya, dari tahun ke tahun, capaian pengurangan emisi Indonesia terus meningkat. Tahun 2014 dan 2015 tidak ada pengurangan emisi yang terjadi justru penambahan emisi. Dalam catatan sejak 2010 hingga 2015 dan 2019, terjadi pengurangan emisi yang cukup fluktuatif. Pada kurun waktu 2020-2022 terjadi pengurangan emisi yang signifikan dan menjadi relatif stabil, yaitu di atas 40% jika dibandingkan dengan BAU.

“Dengan segala capaian yang ada hingga saat ini, atas nama pemerintah, beliau menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat: kelompok komunitas, aktivis, dunia usaha, para tokoh perempuan, generasi muda, green leaders, akademisi, jurnalis dan juga jajaran birokrasi di daerah dan di lapangan, ” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai kalangan termasuk, Forkopimda Kabupaten Bombana, seluruh jajaran ASN maupun non ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana, dan para pelajar. Mereka bersama-sama mengikuti serangkaian kegiatan, yaitu aksi bersih sampah disekitaran wilayah perkotaan sebagai upaya konkret untuk mendukung perayaan Hari Lingkungan Hidup.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan.

banner 336x280

Komentar