Ratusan Hansip di Bombana Siap Digembleng Untuk Persiapan Pemilu 2024

Daerah105 Dilihat
banner 468x60

KIBARNEWS, DAERAH –  Ratusan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) alias Hansip di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) siap digembleng untuk persiapan pengamanan  pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang. Rencana pelatihan Hansip ini akan digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kasipute pada  Kamis (22/12/23).

Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bombana, Rusman Idja mengatakan pembinaan ratusan Linmas ini merupakan bentuk keseriusan Pemda Bombana dalam menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024.  Upaya pelatihan Satlinmas ini pula dianggap memiliki peranan paling penting karena Linmas merupakan satu-satunya petugas keamanan yang paling dekat dengan bilik kotak suara.

banner 970x250

“Jadi, saat ini kami akan memberikan perhatian khusus kepada seluruh Satlinmas yang tersebar di 143 Desa/Kelurahan. Mereka kami utus ke ibukota Kabupaten untuk dibekali strategi khusus pengamanan ketentraman dan ketertiban, termasuk peningkatan mental dan kualitas SDM serta pemberian seragam yang akan mereka pakai saat bertugas,” kata Rusman Idja yang dikonfirmasi awak Kibar News di ruang kerjanya, Rabu (21/12/23).

Rusman menjabarkan bahwa dari jumlah 143 Desa/Kelurahan, terdapat 472 TPS dan masing-masing desa ditarget 2 orang utusan. Satlinmas ini akan dibekali oleh pihak Kepolisian bidang Pembinaan masyarakat (Binmas) dan pelatihan fisik melalui anggota Satpol-PP sebagai panitia.

Selain itu, mantan Kepala BKP-SDM Bombana ini menjelaskan proses pelatihan Satlinmas yang akan dilakukan secara bertahap.

“Pelatihannya akan dilakukan melalui tiga gelombang, tahap pertama dan seterusnya akan diutus dari masing-masing zona yakni, pembagian Linmas dari zona Rumbia, Poleang dan Kabaena,” pungkasnya.

banner 336x280

Komentar