234 Calon PPK Pilkada di Bombana Jalani Tes CAT

News, Daerah, Politik557 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS DAERAH– Sebanyak 234 Orang calon Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bombana kini mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) yang digelar di SMKN 02, Kecamatan Rumbia Tengah, Selasa (7/5/2024).

Tes diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dihelat pada 27 November mendatang. Para peserta yang mengikuti tes tersebut ialah yang telah dinyatakan lulus secara administrasi.

banner 970x250

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bombana, Rudinan mengatakan bahwa para calon PPK yang saat ini mengikuti tes ialah yang lulus secara administarsi. Dimana, sebelumnya terdapat 237 pendaftar dan menyisakan 234 Orang.

“Ada 234 Orang yang ikut tes di ruang komputer SMKN 02 Bombana dan Alhamdulillah sejauh ini tidak kendala saat peserta menjalani ujian,” kata Rudinan saat dikonfirmasi saat memantau para peserta tes.

Untuk jadwal lanjut Rudi, para peserta akan menjalani ujian selama tiga hari yaitu tanggal 6-8 Mei 2024, dan diatur dalam 4 sesi dengan masing–masing waktu dalam tiap sesi diberikan 90 menit untuk menjawab 75 soal. Soal yang diberikan pula berbeda-beda dan masing-masing punya kode. Kode yang dimaksud ialah jenis soal yang dihadapi peserta seperti tes wawasan kebangsaan, kepemiluan dan Pilkada .

Rudinan menegaskan, KPU menjamin integritas penyelenggara saat menyelenggarakan tes tetsebut. Mulai dari potensi kebocoran soal, upaya manipulasi data hingga cara-cara tertentu untuk meloloskan salah satu calon.

“Jadi kalau ada informasi terkait adanya kebocoran soal, kami jamin 100 persen tidak ada sama sekali. Termasuk upaya meng-up nilai, dan mengklaim ini jatahnya ini, kami pastikan tidak ada itu, karena kami berlima anggota KPU telah sepakat untuk melakukan seleksi calon anggota PPK dengan cara yang murni,” tegas Rudi.

Rudinan menjelaskan bahwa para peserta yang mengikuti tes berasal dari lima daerah pemilihan yang tersebar di 22 Kecamatan dengan total kebutuhan 110 Orang. “Setiap Kecamatan nantinya akan terpilih 5 Orang perwakilan sebagai anggota PPK,” pungkasnya.

banner 336x280

Komentar