Kali Pertama PJ Bupati Bombana Edy Suharmanto Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke 79

KIBAR.NEWS, DAERAH – Penjabat Bupati Bombana Edy Suharmanto kali pertama menjadi inspektur upacara dalam memperingati HUT RI ke 79 di Bombana dan akan menjadi yang terakhir kalinya. Pasalnya, tak lama lagi Kabupaten Bombana akan melaksanakan pesta demokrasi dalam Pilkada Serentak tahun 2024 ini.

Meski baru pertama kali, duplikat bendera merah putih yang dibawa dari ibukota negara tersebut sukses dikibarkan di Wonua Bombana.

Tampak seribuan peserta penuhi alun-alun Eks MTQ Kabupaten Bombana pagi ini 17 Agustus 2024 guna mengikuti secara langsung rangkaian upacara tahunan penaikan bendera sang merah putih. Mulai dari pejabat daerah, Forkopimda dan anggotanya, camat hingga kepala desa bahkan beberapa warga turut dalam perhelatan tersebut.

PJ Edy Suharmanto dengan tegas dalam pidato sambutannya menekankan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam menghadapi tantangan zaman.

Pada momentum ini pula Edy Suharmanto menyampaikan akan pentingnya mengenang para pahlawan yang rela berkorban mengusir penjajah demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, Saya berharap peringatan HUT RI ke- 79 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, memperkuat tekad untuk membangun Indonesia yang lebih maju, dan mewariskan kebanggaan ini kepada generasi mendatang khususnya di Bombana,”kata Edy Suharmanto.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bombana, dr. Sunandar, mengapresiasi penuh semangat dan dedikasi pelatih dan tim pengibar bendera dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mensukseskan pengibaran sang merah putih.

“Terima kasih adik-adik paskibraka sudah memberikan yang terbaik untuk Bombana, dan kepada para pelatih terima kasih atas dukungan dan kerja kerasnya selama ini. Semoga apa yang kita bangun bersama bernilai ibadah” ungkap Sunandar penuh haru.

Dikutip dari laman website PPID Kominfo Bombana. Suasana penuh semangat dan khidmat menyelimuti Kabupaten Bombana pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih berlangsung dengan sukses dan lancar di Lapangan Eks MTQ Kabupaten Bombana pagi ini, dan disaksikan oleh ribuan warga setempat serta pejabat daerah.

Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WITA dengan dipimpin oleh Inspektur Upacara Penjabat Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa-siswi terbaik dari berbagai sekolah di Kabupaten Bombana.

Mereka berhasil menjalankan tugas dengan sangat baik, dan suasana menjadi semakin meriah saat bendera merah putih berkibar di angkasa, disambut dengan sorak-sorai dan lagu-lagu kebangsaan yang penuh semangat.

Adapun nama-nama yang berperan penting dalam suksesnya pengibaran bendera tersebut diantaranya yang bertindak sebagai Komandan Upacara AKP Suis mail yang saat ini menjabat sebagai Kasat Samapta Polres Bombana. Komandan Pasukan Letnan Satu Infanteri.

Pembawa Baki Rizki Saputri D asal sekolah SMAN 12 Bombana putri dari Pasangan Bapak Dahlan B dan Ibu Sri Dewi S, Pengibar Bendera LD. Muh. Yuslan Y.A asal sekolah SMAN 03 Bombana putra dari pasangan Bapak Ir. Amin Purwosanto dan Ibu Fitri.

Selanjutnya Dimas Prasetyo asal sekolah SMAN 15 Bombana putra dari pasangan Bapak Suraji dan Ibu Maesaroh, dan Amil Nur asal sekolah SMAN 07 Bombana putra dari pasangan Bapak Zaenal dan Ibu Norma.

Danton Pasukan 17 Muh. Fadly Rahmat S asal sekolah SMAN 10 Bombana putra dari pasangan Bapak Muh. Syarif Arifin, SKM dan Ibu Wa Ode Nurhaida dan Danton pasukan 45, Salman asal sekolah SMAN 03 Bombana putra dari Bapak Asmadi dan Ibu Nurlina.

Dibalik suksesnya pengibaran bendera terdapat para pelatih hebat dari unsur TNI/Polri diantaranya: KPT. INF. Suriyadi, AKP Idham Syukri, Amiruddin Way, SRD Syamsuddin, Aiptu Prana Dharma, dan Bripka Erwin. Para pelatih dikoordinir langsung oleh Iptu Muhammad Safri, SE., SH. MH.

Tak ketinggalan dukungan penuh tim medis yang dikoordinir oleh Ilham Hermanto, S.Si serta anggotanya Dewi Kartiwi, AMK dan Risnawati, AMK. Kebiasaan hidup bersih, disiplin dan mandiri diajarkan oleh Pamong Hebat Fauzan Amin dan Marwah Astuti.

Komentar