AI Permudah Layanan Pelanggan di PT. KAI

Tekno242 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, TEHNO Artificial Intelegence (AI) atau Kecerdasan Buatan kini ramai di kembangkan. Tehnologi ini mampu menjawab persoalan dan mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu perusahaan plat merah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero baru-baru ini meluncurkan asisten virtual berupa Avatar Chatbot.

Avatar Chatbox merupakan tehnologi canggih berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif yang hadir dalam medium TV display vertical. TV ini dapat menampung informasi apapun sesuai kebutuhan perusahaan tersebut.

banner 970x250

Setiap hari, PT KAI beberkan terdapat lebih dari 200 pengguna fasilitas KAI yang ingin mendapatkan informasi tentang layanan pelanggan; seperti seputar informasi kereta api, harga tiket, jadwal pemberangkatan, informasi prosedur pembatalan tiket, informasi fasilitas pelanggan dan lainnya tanpa harus antrian di loket Customer Service (CS).

“Biasanya, pelanggan harus mengambil nomor antrean dulu dan menunggu giliran. Padahal, banyak pelanggan yang terburu-buru mengejar jadwal perjalanan. Itulah sebabnya, kami meluncurkan asisten virtual Nilam yang dapat membantu meningkatkan jumlah layanan terhadap pelanggan di waktu bersamaan,” jelas Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, dikutip dari IDX Channel, Sabtu (23/12/2023).

Baca Selengkapnya  Google Luncurkan Kecerdasan Buatan Bernama Gemini AI

Melihat permasalahan itu, PT KAI berinisiatif meluncurkan tehnologi asisten virtual chat box pengganti layanan CS bernama Nilam. Asisten Virtual ini dapat berbentuk karakter menyerupai manusia yang dapat merespon pertanyaan pelanggan secara real-time melalui suara maupun teks.

Dengan memanfaatkan teknologi Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service Microsoft dapat meningkatkan pelayanan di PT KAI, pelanggan tidak lagi harus menunggu antrian lama. Asisten virtual Nilam cukup diaktifkan dengan sentuhan maupun suara. Tehnologi ini akan ditempatkan di Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, serta Stasiun Surabaya Gubeng.

Baca Selengkapnya  TNI AU Miliki 466 Unit Pesawat Tempur, Siap Jaga Kedaulatan Udara NKRI

“Aktivasi layanan ini dapat dilakukan sesederhana dengan menyentuh layar atau melalui suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’. Selanjutnya, pelanggan bisa mengutarakan pertanyaan secara langsung atau mengetikkan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan langsung memberikan jawabannya,”ungkapnya.

Hadis Surya berharap, dengan adanya asisten virtual Nilam, para agen customer service kami bisa fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks

banner 336x280

Komentar