KMP Oputa Yi Koo Bakal Uji Sandar dan Lintasan

Daerah, News1594 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Beredar surat berkop Kementrian Perhubungan (Kemenhub). surat tersebut tertanggal 23 Desember lalu yang ditujukan kepada Dinas Perhubungan Bombana yang Isinya tentang pemberitahuan pemberangkatan kapal KMP Oputa Yi Koo.

Surat Kementrian Perhubungan ditujukan kepada Pemkab Bombana terkait uji sandar.
Surat Kementrian Perhubungan ditujukan kepada Pemkab Bombana tentang pemberangkatan KMP kapal Oputa Yi Koo.

Surat bernomor UM.006/09/24/TSDP/2023 tersebut bertanda tangan elektronik oleh Lilik Handoyo selaku Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyebrangan, Kementrian Perhubungan

banner 970x250

Surat itu menarasikan terkait rencana Kapal KMP Oputa Yi Koo yang bakal bertolak dari galangan kapal PT Sarana Samudera Aparatus, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan pelabuhan Feri Kasipute, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Kapal penumpang jenis Rock n Roll (Ro-Ro) itu mulai diberangkatkan hari Minggu kemarin, 24 Desember 2023. Dengan estimasi perjalanan selama enam hari. Itu berarti kapal berukuran 663 Gross Tonnage (GT) tersebut sudah sehari di perjalanan menuju pelabuhan Kasipute.

Baca Selengkapnya  BPBD Bombana Dapat Bantuan 2 Unit Motor Trail Dari Kemendagri

Kapal yang memiliki panjang sekira 47 meter itu rencananya bakal melakukan uji sandar usai tiba di pelabuhan Feri Kasipute. Pihak Kemenhub berharap Dinas Perhubungan dapat membantu uji sandar tersebut.

Menanggapi surat Kementrian Perhubungan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Ramsi Rafiu mengatakan kesiapannya untuk uji sandar dan uji lintasan. Ia juga membenarkan terkait surat pemberitahuan tersebut,”Ia betul itu surat dari kementrian, dan kita siap membantu uji sandar,”kata Ramsi kepada media ini melalui pesan WhatsApp, Senin (24/12/23).

Ramsi juga mengatakan Pemkab Bombana telah berkoordinasi Ke kementrian terkait itu bahkan pihaknya telah mengusulkan untuk melakukan uji lintasan Pelabuhan Fery Kasipute-Dongkala-Bau Bau.

Baca Selengkapnya  Dishub Bombana Bekali Pelajar Tentang Keselamatan Jalan

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Kementrian terkait prosedur, dan saya  sudah laporkan ke Sekda Bombana dan selanjutnya akan menghadap langsung PJ Bupati Bombana Edy Suharmanto hari Rabu mendatang,”pungkasnya

banner 336x280

Komentar