Pesan Pj Bupati Bombana pada Camat dan Pengusaha Tambang di Kabaena Selatan

News1235 Dilihat
banner 468x60

KIBAR NEWS, BOMBANA – Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, melakukan kunjungan kerja untuk melantik Penjabat Kepala Desa Pongkalaero, Drs. Syamsul Hidayat. Acara berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Pongkalaero, Kabaena Selatan, pada Minggu (12/05/2024).

Dalam sambutannya, Edy Suharmanto menekankan pentingnya diversifikasi usaha di desa, mengingat keterbatasan komoditas tambang. Dia juga mengajak pemerintah desa untuk menggali potensi wisata dan UMKM serta berdiskusi untuk mendukung program-program yang ada.

banner 970x250
Baca Selengkapnya  Edy Suharmanto Paparkan Hasil Kinerja Triwulan II di Kemendagri

“Saya tadi sampaikan kepada pemerintah kecamatan hingga ke tingkat desa, untuk target jangka panjang tolong serius memperhatikan potensi yang dimiliki desanya, jika ada potensi wisata, potensi UMKM ajukan dan diskusikan bersama kami karna kami memiliki program yang mendukung hal tersebut setiap tahunnya,” ujar Pj Bupati Bombana

Pj Bupati Bombana juga mengingatkan perusahaan pertambangan untuk memperhatikan dampaknya pada masyarakat lokal. Dia menekankan perlunya perhatian terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada perusahaan pertambangan, setelah semuanya selesai tanah dan lokasinya sudah digali habis, jangan meninggakan begitu saja, tolonglah perhatikan lingkungan sekitar agar tetap dijaga serta perhatikan kesejahteraan sosial masyarakat lokal,” imbaunya

Baca Selengkapnya  Kredibilitas Media Dalam Menyambut Pemilu 2024

Selain itu, Edy Suharmanto menegaskan pentingnya menjaga kondusivitas dan transparansi dalam menjalankan tugas, terutama kepada Pj Kades Pongkalaero. Dia mengingatkan akan masalah hukum yang timbul terkait tambang sebelumnya.

“Kita sudah ada 2 kades yang bermasalah hukum terkait perkara tambang, sebab memang kami dari kabupaten tidak memiliki ruang yang cukup luas untuk mengkoordinir CSR atau pemberdayaan dari perusahaan yang turun langsung ke masyarakat, jadi hati-hati aja,” tegasnya

Diketahui, kecamatan yang dipimpin oleh Drs. Syamsul Hidayat menyumbang PAD dari DBH minerba ke Kabupaten Bombana pada tahun 2024 sebesar Rp200 Miliar. Angka ini menjadi pengingat bagi pemerintah kecamatan dan kepala desa untuk mengelola anggaran dengan hati-hati.

Baca Selengkapnya  Andi Sumangerukka Lantik 22 PAC PPP di Bombana
banner 336x280

Komentar