Burhanuddin: Saya Ingin Melihat Anak Bajau Memimpin Bombana di Masa Depan

Kibar News, Bombana – Dalam pertemuan yang berlangsung di Desa Terapung, Kecamatan Poleang Tenggara, calon Bupati Bombana periode 2025-2030, Ir. H. Burhanuddin, M.Si, menyampaikan sejumlah janji terkait perbaikan sertifikasi tanah dan pemberdayaan masyarakat Bajau, Kamis (11/10/2024).

Acara yang dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, politik, serta pemuda ini menjadi momentum penting bagi Burhanuddin untuk meraih dukungan di wilayah pesisir Bombana.

Baca Selengkapnya  Pasangan BERANI Buka Posko Pengaduan Dugaan Pelanggaran Pilkada untuk Tim

Leo Kusuma Arsyad, pemuda setempat, mengungkapkan bahwa ekonomi di Desa Terapung bergantung pada dua sektor utama, yakni perikanan dan pertanian. Potensi ini menjadi perhatian Burhanuddin, yang berjanji untuk memajukan sektor-sektor tersebut jika diberi kesempatan memimpin Bombana melaui program hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA)

“Beri saya kesempatan memimpin bombana, maka saya akan meningkatkan kesejahteraan saudara-saudaraku semua melalui program Hilirisasi Sumber Daya Alam agar Nilai barang kita bisa lebih tinggi dan peluang kerja bisa lebih luas terbuka,” ujar Burhanuddin.

Ia juga menyampaikan rasa sedihnya, bahwa sebelumnya telah mendapatkan satu kasus sengketa tanah antara masyarakat dan pemerintah.

“Kawan-kawan di La’rete sudah punya sertifikat tanah, namun tiba-tiba muncul kawasan hutan yang membuat status tanah mereka menjadi bermasalah. Beri saya kesempatan untuk memperbaiki apa yang belum sempat diselesaikan oleh pemerintah sebelumnya,” ujar Burhanuddin dalam pidatonya.

Baca Selengkapnya  Interpelasi Membuat Riuh: Puan Maharani Angkat Suara

Selain itu, Burhanuddin juga menyoroti pentingnya pemberdayaan masyarakat Bajau. Ia berkeinginan agar generasi muda dari suku Bajau dapat memiliki peran penting di Bombana.

“Saya ingin ada anak-anak orang Bajau yang bisa memimpin di Bombana ini. Pada debat pertama nanti, saya akan mengenakan pakaian adat Bajau untuk mengangkat derajat dan budaya Bajau di tingkat nasional,” tambahnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh politik seperti Nasruddin dari PKB, Yudi Utama Arsyad dari PPP, Juntas dari PAN, dan H. Abustam dari Gerindra. Ketua PPP, Pak Kasim, bersama dengan Ketua Tim Pemenangan Burhanuddin, H. Rasyid, turut hadir memberikan dukungan.

Tokoh masyarakat Desa Terapung, Abidin Siregar, optimistis akan kemenangan Burhanuddin. “Jangan ragu, saya sudah ada di sini. Pesisir Poleang siap memenangkan Pak Burhanuddin,” katanya. Abidin dan masyarakat setempat menargetkan kemenangan telak hingga 90 persen di Poleang Tenggara.

Baca Selengkapnya  Sudiami Resmi Duduk di Parlemen Bombana, Siap Kawal Aspirasi Warga

Acara tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat pesisir terhadap visi dan misi yang dibawa oleh Burhanuddin, terutama dalam memperjuangkan hak-hak tanah dan mengangkat kebudayaan lokal suku Bajau di Bombana.

Komentar