Kunker di Bombana, Danrem 143 Haluoleo Teken NPHD Pilkada bersama Pemda

KIBAR.NEWS, DAERAH- Komandan Resor Militer (Danrem) 143/Haluoleo menggelar kunjungan kerja (Kunker) di wilayah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin (29/1/24).

Kunker tersebut dilakukan sebagai tugas dan tanggung jawab TNI dalam melihat kondisi wilayah, sekaligus mengecek kesiapan anggota Kodim 1431 Bombana menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari mendatang.

Danrem 143/Haluoleo, Brigjen TNI Ayub Akbar saat menggelar penanaman pohon di Markas Kodim 1431 Bombana

Dalam Kunker tersebut, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Ayub Akbar dengan pangkat bintang satu di pundaknya ini hadir bersama rombongan di bumi munajah . Ia hadir dengan agenda yang telah disusun rapi, mulai dari pelaksanaan rangkaian kegiatan di Markas Kodim 1431 Bombana yang meliputi kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Madjid Asy Syam, penanaman pohon dan  penyiapan lahan ketahanan pangan. Rangkaian kegiatan itu pun  mendapat apresiasi dan pendampingan terbaik dari Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto yang hadir bersama jajaran Forkompimda dan kepala OPD lingkup Pemkab Bombana.

Salah satu agenda yang tak kalah pentingnya dalam kunjungan Danrem 143/Haluoleo di daerah itu adalah penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD bersama Pemkab Bombana. Perjanjian itu tentunya menjadi penguatan bagi aparat TNI dalam menciptakan suasana kondusif pada pelaksanaan Pemilu maupun Pemilukada di Tahun 2024.

“Kedatangan saya di Bombana ini sekalian sebagai tugas dan tanggung jawab saya untuk melihat situasi kondisi yang ada di wilayah, sekaligus mengecek kesiapan anggota dalam pelaksanaan Pilpres. Kami juga menekankan kesiapan anggota yang mesti paham dengan tugas dan tanggung jawab yang akan dia laksanakan, ” ungkap Brigjen TNI Ayub Akbar usai menandatangani NPHD di aula Tanduale Kantor Bupati Bombana, Senin (29/1/24)

Ayub Akbar melanjutkan, perjanjian hibah tersebut menjadi tanggung jawab TNI nantinya di bulan September pada momen pemilihan Gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati. Sehingga, puhaknya sangat mengapresiasi sepenuhnya support dari pemerintah daerah Bombana terhadap pelaksanaan Pilpres maupun Pilkada 2024.

Karena itu, Perwira TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer Infantri ini berharap kerjasama yang baik bagi masyarakat di Kabupaten Bombana. Pria kelahiran Padang, 3 November 1970 Sumatera Barat ini juga menginginkan situasi aman dan tidak ada gejolak panas menjelang Pemilu.

” Semoga pemilu berjalan lancar, aman, kondusif dan tidak ada gejolak serta sesuai dengan yang kita harapkan. Makanya sekalian tadi saya mengecek kesiapan anggota termasuk jumlah TPS, mudah-mudahan semua berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua, ” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengatakan, penandatangan NPHD itu adalah yang terakhir dari semua stakeholer penyelenggara, seperti KPU, Bawaslu, Polisi dan TNI.

” Semua sudah melakukan perjanjian dengan Pemda Bombana, dan ini sudah yang terakhir. Dananya juga sudah di transfer ke masing-masing teknis, dan untuk TNI akan segera di transfer dalam pekan ini.Yang jelasnya dana hibah itu diperuntukkan pada pelaksanaan Pilkada, ” tutup Edy Suharmanto.

Komentar