Masa Depan Bersih: PT Vale Susuri Jejak Keberlanjutan dalam Industri Pertambangan Global

Ekonomi130 Dilihat
banner 468x60

KIBAR NEWS, SOROWAKO – PT Vale, perusahaan pertambangan terkemuka, merayakan tonggak bersejarah dalam perjalanan keberlanjutan mereka dengan meluncurkan truk listrik pertamanya pada bulan Agustus 2022. Langkah inovatif ini bukan hanya menandai kemajuan teknologi dalam industri pertambangan, tetapi juga menggambarkan komitmen perusahaan terhadap operasi berkelanjutan dan rendah karbon.

Pada acara peluncuran tersebut, CEO Febriany Eddy secara luar biasa diakui sebagai salah satu dari 20 wanita paling berpengaruh oleh majalah Fortune Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap pengaruh, perubahan, dan dampak positif yang telah dibawanya dalam struktur organisasi PT Vale.

banner 970x250
Baca Selengkapnya  Surunuddin Ajak Stakeholder Bersinergi Atasi 4 Soal Ini..

Seiring dengan prestasi individu CEO Febriany Eddy, PT Vale Indonesia secara kolektif mendapatkan penghargaan bergengsi Best Rights of Shareholders untuk praktik tata kelola perusahaan yang konsisten dan berstandar tinggi. Keberhasilan ini menandai komitmen PT Vale dalam mencapai keseimbangan antara keberlanjutan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang efisien.

Dalam upaya untuk terus mendiversifikasi portofolio proyek dan mencapai tujuan berkelanjutan, PT Vale menandatangani perjanjian kerjasama non-binding dengan Ford Motor Co. untuk mengembangkan proyek Pomalaa Block. Langkah ini mencerminkan visi kolaboratif dan dukungan lintas industri untuk mencapai solusi berkelanjutan di sektor pertambangan.

Pencapaian tingkat tinggi ini semakin diperkuat dengan penghargaan Highly Commended yang diterima PT Vale dalam Sustainable Business Awards 2022. Kategori ini menyoroti pencapaian perusahaan dalam aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang berkelanjutan.

Namun, prestasi ini tidak hanya terbatas pada ranah penghargaan dan pengakuan. PT Vale telah memberikan bukti nyata komitmennya terhadap keberlanjutan melalui kebijakan dan tindakan nyata di lapangan. Dalam kebijakan lingkungan, perusahaan menetapkan pedoman tentang efisiensi energi, pengurangan emisi, pengelolaan limbah, efisiensi air, pengendalian pencemaran, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Laporan teratur mengenai kinerja lingkungan perusahaan disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Timur, dan instansi terkait lainnya. Laporan ini mencakup Rencana Pengelolaan Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL), Sistem Informasi Pelaporan Elektronik KLHK, dan laporan reklamasi sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang telah bersertifikat ISO 14001-2015 menjadi landasan operasional PT Vale. Pemantauan ketidaksesuaian dan upaya perbaikan dikelola melalui kerja sama dengan Bureau Veritas, pemegang akreditasi nasional Inggris UKAS. Tindakan perbaikan lingkungan diterapkan melalui PRO-027276-Preliminary Risk Analysis and Aspects Assessment, SP10 Change Management.

Peningkatan kualitas lingkungan bukan satu-satunya fokus PT Vale, melainkan juga keberlanjutan sosial. Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berbasis Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) di empat wilayah pemberdayaan di Blok Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menjadi inisiatif yang menjadikan perusahaan sebagai agen perubahan positif di komunitasnya.

Selain itu, PT Vale menekankan pentingnya keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI) dalam budaya perusahaan. Mendorong lingkungan kerja yang egaliter, mendukung dialog terbuka, dan memberikan peluang karier berdasarkan kinerja, PT Vale membangun fondasi kuat untuk kelangsungan dan kesuksesan bersama.

Sebagai bentuk pengakuan terhadap kontribusinya dalam berbagai aspek berkelanjutan, PT Vale meraih sejumlah penghargaan prestisius selama tahun 2023. Diantaranya adalah Subroto Awards Juara II Bidang Efisiensi Energi dari Kementerian ESDM, Anugerah DEN 2023 kategori Perusahaan Swasta Pelopor Transisi Energi Sektor Pertambangan dari Dewan Energi Nasional (DEN), dan Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) di sektor Mining untuk kategori Environment.

Penghargaan ini tidak hanya mencakup aspek lingkungan, tetapi juga prestasi di bidang pengelolaan lingkungan hidup, konservasi, aspek teknis pertambangan, program kehumasan, dan transparansi perhitungan serta penurunan emisi korporasi.

Selain itu, PT Vale juga meraih penghargaan Environment and Social Innovation Award (ENSIA) Platinum untuk Efisiensi Air, Pengurangan Emisi, dan Limbah Non-B3 dari PT Sucofindo. Penghargaan Environment and Social Innovation Award (ENSIA) Silver juga diraih dalam kategori Inovasi Sosial dan Keanekaragaman Hayati.

Kesuksesan PT Vale dalam mencapai keberlanjutan juga terlihat dalam penghargaan Mitra KLHK Terbaik 2023 kategori Pemegang Perizinan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) dengan Komitmen Keberlanjutan Rehabilitasi DAS dan Reklamasi Terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Foundation for International Human Rights Reporting Standard (FIHRRST) juga memberikan penghargaan The Best Sustainability Report (A+).

Baca Selengkapnya  Edy Suharmanto Serahkan Bantuan Untuk 27 Kelompok Tanaka

Bisnis Indonesia Awards 2023 menobatkan PT Vale sebagai Korporasi Mineral Logam Terbaik, sementara Indonesia GPR Awards (IGA) memberikan penghargaan kategori Program Kehumasan Terbaik segmen Energi dan Energi Terbarukan.

Tidak hanya itu, PT Vale juga memperoleh penghargaan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi 2023 Kategori Gold Plus dari B Universe dan Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation), serta penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi 2023 Kategori Green Elite dari B Universe dan Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation).

Dalam upayanya menjaga keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, PT Vale telah menjadi mitra terbaik dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di sektor pertambangan.

Sebagai salah satu produsen dan pemimpin industri pertambangan global, PT Vale terus memainkan peran integral dalam menciptakan masa depan yang lebih bersih, lebih berkelanjutan, dan lebih bertanggung jawab. Dengan komitmen mereka terhadap teknologi dan praktik terbaik, PT Vale membuktikan bahwa pertambangan dan keberlanjutan bukanlah konsep yang bertentangan, melainkan elemen-elemen yang saling mendukung dalam membangun dunia yang lebih baik bagi semua.

banner 336x280

Komentar