Poleang Kembali Meriah, Tafdil dan Burhanuddin Akrab

Daerah195 Dilihat
banner 468x60

KIBARNEWS, DAERAH –Kota kecil Boepinang kembali ramai. Hampir semua ruas jalan poros dan lorong pun padat kendaraan. Jumlah warga meningkat drastis hingga fasilitas umum seperti Masjid dan gedung riang gempita.

Tentu saja, Ibukota Kecamatan Poleang nampak hiruk setelah kembali ditunjuk menjadi tuan rumah hari Jadi Kabupaten Bombana. 21 defile Kecamatan berbondong-bondong ke Boepinang yang tak lain hanyalah untuk memeriahkan hajatan tahunan. Kini, daerah yang dijuluki Negeri Dewi Padi itu telah genap berusia 20 tahun.

banner 970x250
Baca Selengkapnya  KPU dan Pemda Bombana Bahas Teknis Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Enam tahun silam, tepatnya tanggal 18 Desember 2017, kota kecil ini mendapat jatah untuk kali pertamanya sebagai sahibulbait. Betapa tidak, Poleang memang pantas untuk dijadikan tuan rumah karena memiliki fasilitas memadai. Ia tak kalah bersaing dengan Kasipute yang merupakan ibukota Kabupaten Bombana. Begitu pula dengan pulau Kabaena.

Kala itu, bumi munajah berada dibawah kendali H. Tafdil, tepat di periode kedua tahun pertama masa kepemimpinannya sebagai bupati Bombana. Pada saat itu pula Tafdil nampak sumringah. Ia melakukan segala upaya untuk benar-benar memaksimalkan perayaan hari jadi Bombana yang ke 14 tahun. Pengawalan dan pengamanan dikemasnya begitu rapi dengan melibatkan jajaran TNI/Polri dan seluruh stakeholder.

Baca Selengkapnya  PJ Bupati Kolaka Andi Makkawaru Ikuti Pelantikan 2 Penjabat Ini...

Mereka siaga di seluruh lokasi pagelaran, baik seni maupun kegiatan olahraga, termasuk titik lokasi festival kuliner dan mendatangkan artis ibukota, salah satunya ialah Fildan. Tak ada satupun momen yang terlewatkan waktu itu. Semua berjalan mulus.

Kali ini, kota kecil Boepinang kembali riuh di usianya yang ke-20 tahun. Serangkaian kegiatan dihelat cukup meriah sejak sepekan terakhir. Ada lomba olahraga, kesenian, pameran lintas OPD, lomba kuliner, kirab budaya termasuk juga mendatangkan sejumlah artis ibukota.

Baca Selengkapnya  Bupati Surunuddin Komitmen Genjot Kualitas Pendidikan di Konsel

Tapi jangan salah, meski saat ini Bombana dalam genggaman Penjabat Bupati Edy Suharmanto, tidak bisa dipungkiri ternyata semua agenda telah direncanakan rapi oleh Penjabat Bupati sebelumnya, yakni Burhanuddin.

Dialah yang menargetkan lokasi hingga rencana untuk kembali meramaikan Poleang dengan menunjuknya sebagai tuan rumah. Takjubnya, Penjabat Bupati Edy begitu lapang dada.

Ia tak pernah berfikir untuk merubah agenda itu sesuai rencana. Ia tetap melanjutkan semua itu demi kepentingan masyarakat umum dan suksesnya pelaksanaan hari jadi Kabupaten Bombana Ke- 20 tahun.

Baca Selengkapnya  Pemkab Bombana Mulai Garap Kawasan Ranokomea Jadi Wisata Unggulan

Tepat di halaman pelabuhan Poleang Tanggal 18 Desember 2023, dua mantan penguasa Bombana ini reunian di lokasi pelaksanaan upacara. Siapa lagi kalau bukan Tafdil dan Burhan nama sapaannya. Keduanya nampak akrab dan saling berbagi cerita bersama para sesepuh dan para tetamu lainnya. Salah satunya ialah Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf yang turut meluangkan waktu.

Meski keduanya tak duduk berdampingan, namun Tafdil dan Burhan tetap meluangkan waktu untuk berjabat tangan dan saling berbagi cerita. Pertemuan yang cukup singkat dalam momentum hari jadi daerah itu seakan menjadi hari paling baik untuk keduanya menjalin silaturahmi.

Baca Selengkapnya  Usai Kunjungi Kabaena, Pj. Bupati Bombana Pantau Yankes di Poleang

Di sela waktu, Tafdil yang ditemui awak Kibarnews menyampaikan sedikit anekdot tentang perkembangan Kabupaten Bombana seusai kendalinya sejak 22 Agustus 2022 kemarin. Kata Tafdil, masyarakat bisa melihat sendiri perubahan pembangunan daerah saat ini.

“Kita lihat sendiri perubahan, kan maju terus dan pembangunan maju terus, saling melengkapi kekurangan dan ada juga yang membangun baru,” terang Tafdil sembari berharap kepada siapapun yang memimpin Bombana saat ini untuk terus membangun daerah Bombana, sekaligus mampu menjadi Penjabat yang netral, utamanya saat menghadapi Pemilu Tahun 2024.

Sementara mantan penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan bahwa dirinya selalu menyempatkan waktunya untuk menghadiri kegiatan seperti itu yang tentu saja bukan hanya di Kabupaten Bombana. Namun, di daerah lainnya pun ia berupaya semaksimal mungkin untuk ia hadiri.

Baca Selengkapnya  KPU Bombana: Besok Batas Perbaikan LADK Parpol, Ini Sanksinya

” Saya memang selalu berusaha menempatkan diri di setiap acara seperti ini, termasuk di daerah lain,” kata Burhanuddin.

Karena itu, Burhanuddin berharap sepenuhnya kepada seluruh masyarakat maupun pemimpin daerah utuk terus berkiprah membangun Bombana menjadi daerah yang terus maju dan berkembang melalui kerja nyata.
(Jamil)

banner 336x280

Komentar