Mentan RI Andi Amran Sulaeman Berkunjung ke Konut

Daerah, News301 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, DAERAH- Pemerintah Kabupaten Konawe Utara mendapat kunjungan dari Menteri Pertanian Amran Sulaeman. Kunjungan kali ini bertajuk Tanam Perdana Komoditi Jagung Dalam Rangka Peningkatan Produksi Sektor Pertanian di Kabupaten Konawe Utara.

Dalam sambutannya, Amran Sulaeman sedikit bernostalgia dengan daerah Kabupaten Konawe Utara yang pernah didiaminya pada tahun 1999 tersebut.

banner 970x250

Amran sedikit bercerita terkait pengalaman pertamanya dalam menggarap dan mensukseskan perkebunan sawit di Konawe Utara dalam upaya menciptakan swasembada pangan.

Tak hanya bercerita tentang pengalamannya di Konawe Utara, H. Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian RI di akhir sambutannya juga memberikan bantuan yang ditaksir berkisar 20–30 M untuk Kabupaten Konawe Utara, antara lain dalam bentuk bantuan bibit dan peralatan pertanian.

Baca Selengkapnya  Kunker di Bombana, Danrem 143 Haluoleo Teken NPHD Pilkada bersama Pemda

“Saya mengajak seluruh pihak untuk bekerja bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia Swasembada, berdaulat, bahkan menguasai pangan dunia,”tuturnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Utara Ruksamin mendapat kesempatan untuk memaparkan berbagai program dalam pemanfaatan segala potensi yang ada di Konawe Utara, salah satunya sektor pertanian.

“Untuk terus menumbuhkan geliat ekonomi pada sektor pertanian, Pemerintah Daerah Konawe Utara telah meluncurkan Program P2KP (Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan), yang dianggap mampu menjaga dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjamin ketersediaan pangan di Kabupaten Konawe Utara,”papar Ruksamin

Baca Selengkapnya  Inilah Deretan Potensi Desa Wasampela di Buton

“Kita perlu bangga, karena di Kabupaten Konawe Utara yang terkenal dengan nikelnya, ternyata yang menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah dari sektor pertanian, yaitu sebesar 39,23%.,”tambahnya.

Untuk lebih meningkatkan lagi produksi sektor pertanian, sebagai pimpinan tertinggi di Kabupaten Konawe Utara, Ruksamin telah menyiapkan lahan kurang lebih 10.000 Ha untuk ditanami komoditi jagung.

Tak hanya itu, untuk menyesuaikan dengan era digital dan memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk serta memudahkan dalam pemasaran hasil pertanian, Ia juga meluncurkan aplikasi “Pak Tani KONASARA.”

Baca Selengkapnya  DPRD Bombana Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2023

Diakhir sambutannya Ruksamin sampaikan kebanggaannya atas kedatangan Menteri Pertanian di Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara,”hari ini mendapat kunjungan istimewa dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia,”ungkap Ruksamin dalam press rilisnya.

banner 336x280

Komentar