Bombana Bakal Tampil pada Event Parade Mobil Hias Hut Ke-44 Dekranasda di Kota Solo

Daerah, News2630 Dilihat
banner 468x60

KIBAR.NEWS, BOMBANA– Kabupaten Bombana bakal ikut dalam event parade mobil hias kriya dan budaya yang diselenggarakan oleh  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2024 di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Bombana menjadi salah satu dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra yang bakal mendampingi Dekranasda Sultra ke kota yang dijuluki kota budaya tersebut.

Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana, Nyonya Aeni Mutmainnah

Parade mobil hias bakal menjadi rebutan bagi seluruh Kabupaten/Kota karena event tersebut dianggap cukup bergengsi. Disisi lain momentum itu bakal menjadi hari paling istimewa karena merupakan hari lahir atau hari ulang tahun Dekranas ke-44. Kegiatan ini rencananya akan di selenggarakan pada tanggal 15 Mei 2024.

banner 970x250

Parade Mobil Hias

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, S. Sos., M. Si mengatakan bahwa Bombana akan mengikuti iben tersebut dengan produk mobil hias karya anak Bombana. Hasrat untuk mengikuti kegiatan tersebut juga sebagai upaya mengenalkan karya daerah yang juga mampu bersaing dengan daerah-daerah lain.

Tarian bakal dipersembahkan pula dalam parade tersebut

“Bombana akan hadir memeriahkan acara ulang tahun atau acara Syukuran Dekranas ke-44 di Kota Solo. Pada momen ini, Dekranas RI mengadakan lomba yang tentu saja memperebutkan piala bergilir atas siapapun yang berhasil memenangkan keunikan tampilan dalam parade mobil hias termasuk ragam kegiatan lainnya seperti seni, ” kata Anisa saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/4/2024).

Untuk persyaratan maupun pendaftaran, Dekranasda dan Dinas Pariwisata Bombana telah menuntaskan pada akhir bulan maret lalu. Kini, keduanya mulai mempersiapkan tampilan mobil hias yang nantinya akan ditampilkan.

Foto bersama ibu-ibu Dekranasda dalam event Indonesia Fashion Week 2024 di Jakarta

“Acara itu akan dibuka dengan tema Bangga Kriya dan Budaya Indonesia. momen ini juga bakal ditampilkan kereta kuda atau Biolet. Termasuk ratusan peserta bakal hadir yang diantaranya ada 80 Orang prajutit Karaton Kesunanan, Kereta Kuda atau Biolet 20 Unit, Mobil Hias Dekranas 1 unit, mobil hias Dekranasda Provinsi 50 unit dan pasukan pejalan kaki atau defile Jambore HKG PKK 1000 Orang.

Anisa berharap event parade mobil hias tersebut bakal dimenangkan oleh defile asal Kabupaten Bombana. Ia berjanji bakal mempersembahkan penampilan terbaik di ajang tersebut. (Adv)

banner 336x280

Komentar